Sunday, April 22, 2012

مقدمه
الحمد لله رب العالمين ، حمداً يوافي نعمه ، ويكافئ مزيده ، با ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك ، سبحانك لا نحصي ثناءً عليك أنت كما أثنيت على نفسك ، فلك الحمد حتى ترضى ، ولك الحمد إذا رضيت ولك الحمد بعد الرضا .اللهم صل وسلم على سيدنا محمد في الأولين ، وصل وسلم وبارك على سيدنا محمد في الآخرين ، وصل وسلم هلى سيدنا محمد في الملأ الأعلى إلى يوم الدين.
وبعد :  اسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PENGERTIAN TASAWUF DAN TAREKAT
Tasawuf  banyak definisi yang kita baca adalah akhlak yang baik. Rasulullah SAW sebagai teladan kita semua memberikan contoh akhlak yang baik dalam kehidupan Beliau, “Sungguh pada diri Rasulullah terdapat Akhlakul Karimah (akhlak yang baik)”.
Tarekat berasal dari kata Thariqatullah artinya jalan kepada Allah, memerlukan proses, kesungguhan dan keyakinan penuh bagi seseorang itu agar sampai ke tempat yang dituju. Dan yang lebih penting lagi diperlukan pembimbing rohani(Guru Mursyid) yang senantiasa memberikan petunjuk dan panduan agar tidak tersesat di jalan. Tasawuf yang tidak disertai tarekat tidak menghasilkan apa-apa selain hanya berupa teori semata-mata. Tidak ada bezanya dengan orang belajar fiqih, belajar syariat.
Itulah sebabnya kenapa orang yang hanya belajar dari bacaan akan memperoleh hasil berupa bacaan sahaja. Sebagaimana orang yang belajar dari seorang Guru Ahli tajwid akan memperoleh pandai bertajwid, sesuai dengan apa yang telah dijanjikan Allah di dalam Al-Qur’an.
Tarekat sendiri menurut bahasa berasal dari kata Arab thariqah yang berarti jalan atau metode atau aliran (madzhab). Tarekat adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan tujuan sampai (wusul) kepada-Nya. Tarekat merupakan jalan (metode) yang ditempuh seorang sufi dengan syarat-syarat tertentu dengan petunjuk guru atau Mursyid tarekat masing-masing, agar boleh mendekati dengan Allah SWT. Ahli tasawuf mengaitkan istilah tarekat dengan firman Allah SWT:
قال الله : وَأَلَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لأسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا  (الجين ١٦)
 "Dan bahwasanya apabila mereka tetap berdiri pada jalan (thariqah) yang benar niscaya akan kami turunkan (hikmah) seperti hujan yang deras dari langit." (Al-Jinn/72 : 16)
Definisi Tasawuf Para ulama tidaklah ada kata sepakat asal usul kata tasawuf yang paling penting tujuannya ;
  
1.      Dari kata yg berarti bersih seperti kata Mahmud Amin An-Nawawy Artinya; “Segolongan ahli tasawuf berkata bahwasanya pemberian nama menjadi sufiyah kerana kesucian rahasianya dan kebersihan kelakuannya.”
2.      Istilah sufi adalah nama yg dinisbatkan kepada perkataan yg diberikan kepada orang-orang Shufah dimasa Rasulullah SAW krn mereka menempati berita-berita yg telah disampaikan oleh Rasulullah SAW disekitar masjid Madinah. Hal ini sesuai dgn keterangan Abul`Alaa`Afiefy yg mengatakan ” Shufi berkaitan dgn Ahlu Shuffah; yaitu nama yg dikhususkan kepada beberapa Fakir-Muslim pada masa permulaan Islam. Mereka itu termasuk orang-orang yg tidak memiliki rumah. Maka mereka menempati yg telah dibangun oleh Rasulullah SAW diluar Masjid Madinah”.



No comments:

Post a Comment